Ads Here

Selasa, 10 November 2020

 

KEHIDUPAN SEHARI HARI DI PESANTREN MAHASISWA

 

        Pesantren mahasiswa merupakan pesantren yang santrinya adalah mahasiswa. Di pesantren mahasiswa kita dituntut untuk belajar agama dan belajar di masing-masing universitas dimana setiap individu memiliki kesibukkan nya masing-masing. di pesantren mahasiswa sistem nya sama seperti pesantren tingkat Sd, Smp, dan Smk hanya saja sistemnya tidak terlalu ketaat. Dan tetap mempelajari kitab kuning yang diterjemahkan oleh ustad ustad yang sesuai mata dirosahnya. Kalau mahasiswa nama nya matakuliah kalau pesantren mahasiswa namanya dirosah, dirosah adalah sejenis pelajaran yang dipelajari di pesantren sama dengan matakuliah di kampus hanya saja berbasis agama. Di pesantren mahasiswa tidak memandang dia sudah pernah mondok atau belum pernah mondok sama sekali asalkan niat dalam hati untuk belajar agama maka akan diterima oleh pengasuh pondok.

        Kehidupan sehari-hari di pesantren mahasiswa yaitu bangun pagi pukul 03.00 pagi untuk melaksanakan sholat tahajud, sholat hajat, dan sholat taubat lalu setelah itu membaca zikir beberapa menit dan membaca al-quran sembari menunggu azan subuh dan melaksanakan sholat subuh. Setelah melaksanakan sholat subuh maka setiap angkatan menuju kelas dirosah nya masing masing untuk belajar kitab kuning atau mengaji kitab yang di ampu oleh masing- masing ustad yang sudah ditentukan kelasnya. Waktu dirosaah dimulai pukul 5.30 setelah selesai sholat subuh dan selesai waktu dirosah paling lama adalah pukul 6.30. setelah dirosah masing-masing santri mahasiswa bersiap untuk piket (roan) membersihkan lingkungan pesantren seperti asrama, rumah pengasuh, lapangan, lingkungan masjid dsd.  Setelah membersihkan lingkungan pesantren santri mahasiwa bersiap-siap untuk  kuliah di kampus nya masing-masing. setelah kuliah santri mahasiswa harus berjaamaah sholat magrib di masjid  setelah sholat maghrib masing-masing angkatan bersiap siap mengaji al-quran(tahsin) sampai azan isya setalah azan isya maka setiap santri yang slesai tahsin harus melaksanakan sholat isya berjamaah dimasjid setelah itu apabila setiap angkatan ada pengajian ba’da isya maka harus melaksanakan ngaji tersebut jika tidak ada pengajian maka diperbolehkan untuk kembali ke asrama unutk mengerjakan tugas dari kampus apabila ada tugas dari kampus.

       Sekian cerita dari saya mengenai kehidupan sehari hari di pesantren mahasiswa mohon maaf apabila ada kesalahan pengetikan karena saya hanya mengerjakan tugas membuat artikel bebas dari dosen saya sekian dan terima kasih wassalamualaikum wr. wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar